Akreditasi: Asesmen Lapangan Via Daring Prodi PG-PAUD

Perkuliahan Pekan Ke 3
09/11/2020
Perkuliahan Pekan Ke 4
16/11/2020

STKIP ‘AISYIYAH RIAU, Pekanbaru. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) STKIP ‘Aisyiyah Riau telah dilakukan Asesmen Lapangan (AL) via Daring oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). AL via daring tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu pada 13 s.d 14 November 2020. Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Prof. Dr. Muh Saerozi, M.Ag. (IAIN Salatiga) dan Dr. Aan Listiana, S.Pd., M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia). Proses AL selama dua hari berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti. Pada hari pertama AL diawali dengan acara pembukaan. Pada kesempatan itu Ketua STKIP ‘Aisyiyah Riau Rahmah, M.Si. memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa untuk proses akreditasi ini telah dilakukan persiapan dan disampaikan kepada BAN-PT melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) sejak lama yaitu Maret tahun 2019. Akan tetapi dengan adanya berbagai perubahan dan proses yang belaku di BAN-PT maka baru di tanggal 13 s.d 14 November 2020 ini dilakukan proses AL dan dilaksanakan Via Daring karena kondisi pandemi Covid-19. Beliau juga menyampaikan, bahwa apapun hasilnya nanti dari AL Daring ini diharapkan adalah yang terbaik untuk Prodi PG-PAUD STKIP Aisyiyah Riau.

Proses AL Via Daring Prodi PG-PAUD

Sementara itu TIM Asesor BAN-PT, Dr. Aan Listiana, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa dirinya dan Prof. Dr. Muh Saerozi, M.Ag. pada dasarnya hanya bertugas untuk melakukan verifikasi atas borang yang sudah dikirim Prodi PG-PAUD ke BAN-PT. Mengenai bagaimana hasil selanjutnya adalah diserahkan kepada BAN-PT sepenuhnya dengan mepertimbangkan berbagai hal mulai dari proses penyampaian borang yang telah dilakukan oleh Prodi PG-PAUD dan proses verifikasi yang dilakukan dalam AL ini, dan proses di dewan eksekutif BAN-PT. Beliau juja berharap proses AL ini bisa berjalan dengan lancar tanpa gangguan yang berarti, terutama masalah teknis jaringan internet dan hasilnya bisa sesuai yang diharapkan oleh prodi PG-PAUD STKIP ‘Aisyiyah Riau.

Usai pembukaan acara, dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A Prodi PG-PAUD dan Borang III B pengelola institusi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama..

Pada hari kedua (14 November 2020) proses AL diisi dengan empat sesi tanya jawab dan penutupan. Sesi tanya jawab terpisah masing-masing dilakukan dengan dosen, mahasiswa, alumni, orang tua mahasiswa dan pengguna lulusan, serta tenaga kependidikan. Sesi ini bertujuan untuk melakukan konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholder. Sementara itu pada penutupan dilakukan pengecekan dan penandatanganan berita acara AL serta penyampaian kesimpulan dari proses AL yang telah dilakukan asesor.

Dari proses AL selama dua hari itu asesor menyampaikan beberapa masukan perbaikan, meliputi peningkatan atau penyesuaian kembali kurikulum sesuai dengan kurikulum merdeka belajar yang dicanangkan kementerian, peningkatan kerjasama dalam dan luar negeri, penelitian dan pengabdian yang dilakukan, peningkatan sarana prasarana dan penggunaan Teknologi Infoemasi dan Komunikasi (TIK), dan berbagai hal lainnya yang mesti ditingkatkan seiring dengan kebutuhan dan tuntutan serta perkembangan dunia terkini.

Hasil akhir dari rangkaian proses akreditasi Prodi PG-PAUD ini akan diumumkan beberapa waktu ke depan setelah melalui beberapa tahapan verifikasi lagi di BAN-PT, yaitu pemeriksaan oleh validator, dewan eksekutif dan majelis BAN-PT. Pihak kampus dan prodi PG-PAUD berharap semoga hasilnya sesuai harapan bersama. [Unique***]

Web
Analytics

Lihat Statistik