Baitul Arqam 2021

Perkuliahan Pekan Ke 14
26/01/2021
Perkuliahan Pekan Ke 15
01/02/2021

STKIP ‘AISYIYAH RIAU, Pekanbaru (31/01/2021). Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam (P3I) STKIP ‘Aisyiyah Riau bersama Majelis Pengkaderan (MPK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Riau melaksanakan kegiatan Baitul Arqam bagi mahasiswa-mahasiswa khusus bagi para calon wisudawan/ti yang akan diwisuda. Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan pengkaderan yang dirancang oleh P3I untuk membekali para mahasiswa dan wisudawan/ti dengan Al-Islam, Ke’aisyiyahan dan Kemuhammadiyahan yang benar-benar matang dan mumpuni sehingga setelah selesai pendidikan di STKIP ‘Aisyiyah Riau bisa menjadi kader Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang sesuai dengan gerakan persyarikatan Muhammadiyah-‘Aisyiyah dalam rangka menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar. Kegiatan Baitul Arqam kali ini dilaksanakan pada tanggal 30-31 Januari 2021.

Ada yang istimewa dan baru pada kegiatan Baitul Arqam kali ini, yaitu dilaksanakan secara daring mengingat kondisi dan situasi pandemi covid-19 yang masih melanda. Namun demikian semua itu tidak mengurangi esensi utama dari ruh atau nilai-nilai yang diharapkan dari kegiatan Baitul Arqam ini. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan dukungan yang cukup baik dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah. Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyayah menjadi salah satu pemateri atau narasumber pada kegiatan ini, yaitu Dra. Hj. Shoimah Kastolani. Selain Dra. Hj. Shoimah, pimpinan yang lainnya yaitu Ibunda Dra. Siti Aisyah, M.Ag. juga menyempatkan diri disela-sela kesibukan beliau yang padat untuk ikut memberikan dukungan dan bimbingan pada acara tersebut. Beberapa narasumber lainnya yang ikut memberikan materi pada kegiatan yang diadakan selama dua hari tersebut adalah Dra. Hj. Sariyah, M.M. (Ketua PW ‘Aisyiyah Riau), Dr. Saidul Amin, M.A. (Ketua PW Muhammadiyah Riau), Dr. Baidarus Muhammad, M.M., M.Ag. (Dosen Universitas Muhammadiyah Riau), Maswidar, S.Ag., M.Pd.I. (Wakil Ketua PW ‘Aisyiyah Riau), Dra. Hj. Hikmani, M.Pd. (Dosen Universitas Muhammadiyah Riau), Fitra Azwar, S.Si., M.Pd. (Majelis MPK PWA Riau), Mayuli Asni (Majelis MPK PWA Riau), dan beberapa orang lainnya yang tergabung kedalam tim Majelis MPK PWA Riau.
Hj. Susi Herlinda, M.Pd selaku ketua P3I pada sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Baitul Arqam yang dilaksanakan merupakan kegiatan yang wajib bagi seluruh mahasiswa STKIP ‘Aisyiyah Riau terlebih bagi para wisudawan/ti yang akan diwisuda. Kegiatan ini sangat sejalan dengan visi dan misi STKIP ‘Aisyiyah Riau, yaitu “Menjadi STKIP Yang Unggul Berlandaskan Nilai-Nilai Islam bertaraf Nasional Pada Tahun 2026”. Dalam kesempatan sambutannya beliau juga menyampaikan kepada seluruh peserta Baitul Arqam yang berjumlah 36 orang, bahwasanya kendati kegiatan ini dilaksanakan melalui daring atau dilaksanakan tidak sebagaimana biasanya serta ini adalah perdana kegiatan Baitul Arqam dilaksanakan dengan daring dikarenakan situasi pandemi covid-19, ini merupakan tantangan baru bagi kita bersama dimana dalam situasi yang tidak biasa ini bukan menjadi alasan buat kita terutama P3I dan STKIP ‘Aisyiyah Riau untuk tidak menjalan program kegiatan ini, akan tetapi situasi dan kondisi ini perlu jadikan cambuk atau cemeti bahwa kita warga persyarikat Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah bisa terus bangkit, tumbuh dan berkembang pesat meski banyak rintangan dan hambatan yang terjadi belakangan ini akibat pandemi covid-19 ini, untuk bisa terus menggaungkan amar ma’ruf nahi mungkar melalui berbagai kegiatan dan program-program kita di persyarikat, ini menunjukkan bahwa warga Muhammadiyah-‘Aisyiyah mampu menjawab tantangan dan perkembangan zaman disegala situasi.

Rahmah, M.Si selaku ketua STKIP ‘Aisyiyah Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa Baitul Arqam adalah bagian dari proses pengkaderan yang wajib dan telah biasa dilakukan terutama bagi kader Muhammadiyah-‘Aisyiyah, dan ini menjadikan kegiatan yang mampu membangkitkan dan meningkatkan ghirah keislaman kita. Beliau juga menyampaikan bahwa kali ini adalah Baitul Arqam yang secara teknis pelaksanaannya adalah berbeda dan pertama terjadi karena dilakukan secara daring, dan pastinya memberikan tantangan dan suasana yang baru khususnya bagi P3I dalam melaksanakannya sehingga beliau sangat mengapresiasi dari apa yang dilakukan oleh P3I dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut sehingga ini mungkin bisa menjadi contoh bagi persyarikatan ‘Aisyiyah khususnya di Riau. Sebagai penutup beliau mendoakan semoga kegiatan Baitul Arqam via Daring ini bisa terlaksana dengan sukses. (Unique)***

Galeri Baitul Arqam 2021 : FB STKIP ‘Aisyiyah Riau

Web
Analytics

Lihat Statistik