Dosen STKIP Aisyiyah Riau Latih Guru Membuat Video Pembelajaran

Pembekalan PLK Prodi PEKON Secara Daring TA.2021-2022
12/08/2021
Kalendar Akademik STKIP ‘Aisyiyah Riau TA. 2021-2022
22/08/2021

STKIP ‘AISYIYAH RIAU, Pekanbaru. Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) merupakan salah satu amal usaha yang dimiliki Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kampar pada pendidikannya diterapkan materi Ke-Muhammadiyahan dan Ke-‘Aisyiyahan sebagai muatan materi pembelajaran yang menjadi penciri untuk membedakan dengan Lembaga PAUD atau TK lainnya.

Dosen STKIP ‘Aisyiyah Riau sekaligus Ketua Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (P4) STKIP ‘Aisyiyah Riau, Kamis (19/8/2021) mengatakan bahwa proses pembelajaran PAUD selama ini dilaksanakan dengan penuh kegembiraan dan antusias baik oleh pendidik maupun anak didik. Namun, saat ini pandemi masih dirasakan oleh sebagian negara tak terkecuali Indonesia dan terkhusus Wilayah Riau. Kondisi ini membuat pembelajaran secara tatap muka tidak dapat dilakukan secara penuh dan guru harus mampu meng-upgrade diri agar inovasi dalam pembelajaran dapat dilakukan untuk kelancaran proses pembelajaran terhadap anak.

Pembelajaran daring sampai saat ini masih terus digalakkan sebagai alternative kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilaksanakan sudah hampir 3 semester ini lebih banyak dengan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) sehingga guru-guru mesti memiliki kemampuan dalam membuat media pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi anak agar anak belajar di rumah dapat merasakan kegembiraan yang sama seperti kegiatan tatap muka sebagaimana biasanya dilakukan. Oleh karenanya pelatihan pembuatan video pembelajaran kreatif untuk materi Ke-Muhammadiyahan & Ke-Aisyiyahan diberikan kepada guru-guru TK ABA yang berada di Kampar.

Pelatihan diberikan oleh Dosen STKIP ‘Aisyiyah Riau yang tergabung dalam TIM Pengabdi yang terdiri dari Dr. Nini Aryani, M.Pd., Suparmi, M.Pd.E. dan dibantu oleh mahasiswa Ihsan Widiantono dan Rahilma. Pelatihan ini merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen STKIP ‘Aisyiyah Riau dan difasilitasi oleh PP. Aisyiyah melalui Hibah Kompetitif. Pelatihan ini bertujuan untuk me-refresh kembali wawasan tentang teknologi bagi para pendidik terkait pemanfaatan aplikasi digital yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran agar pembelajaran lebih interaktif dan atraktif, yang diikuti oleh 25 orang guru TK ABA Kampar. Kegiatan pertama berlangsung pada Jum’at (13/8), dengan metode virtual yang dibuka oleh Ketua STKIP ‘Aisyiyah Riau, Rahmah M.Si. dan penyampaian kata sambutan oleh Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kampar, Hj. Asmah.

Kegitan ini memberikan pemahaman tentang alur pelatihan yang disampaikan oleh Ketua Tim Pengabdi, Dr. Nini Aryani, M.Pd., materi berikutnya tentang persiapan untuk kegiatan kedua pada bulan September yang disampaikan oleh Tim Pengabdi, Suparmi, M.Pd.E., dan diharapkan pada saat kegiatan kedua guru-guru sudah siap untuk diberikan pelatihan membuat video kreatif untuk pembelajaran Ke-Muhammadiyahan dan Ke-Aisyiyahan. (Unique)***

Sumber terkait: pekanbaruexpress.com

Web
Analytics

Lihat Statistik