Dr. Zul Afdal, M.Pd Menjadi Narasumber Ahli Media di SMA Negeri 1 Pekanbaru

STKIP ‘Aisyiyah Riau Tuan Rumah Musypimwil II ‘Aisyiyah Riau
11/01/2020
Penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2020-2021
20/01/2020

STKIP ‘AISYIYAH RIAU, Pekanbaru. Dosen STKIP ‘Aisyiyah Riau menjadi salah satu narasumber pada pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis video yang digelar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pekanbaru bagi para gurunya. Pelatihan tersebut juga menghadirkan narasumber ahli lainnya dari Universitas Islam Riau dan mengusung tema In House Training (IHT) Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video. Pelatihan ini diikuti 60 orang guru yang ada di lingkungan SMA Negeri 1 Pekanbaru.

Sambutan Kepala SMA Negeri 1 Pekanbaru, Dr. Wan Roswita, M.Pd.

Kepala Sekolah SMA Negerii 1 Pekanbaru Dr. Wan Roswita, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya peran guru-guru untuk dapat meningkatkan kapasitasnya dalam era teknologi digitalisasi saat ini. “Guru-guru harus adaptif dengan teknologi, guru-guru yang senior harus bisa menyesuaikan cara mengajar dengan perkembangan teknologi di era milenial, jangan mau kalah dengan guru-guru junior, maka melalui pelatihan ini guru-guru diharapkan dapat mengaplikasikan kecanggihan teknologi pembelajaran ketika kembali ke kelas nanti,” ucapnya.

Dr. Zul Afdal, M.Pd menyampaikan materi

Dalam materinya, salahsatu narasumber ahli Dr. Zul Afdal, M.Pd menekankan bahwa apa yang dilakukan melalui In House Training ini bukan untuk kepentingan guru semata, tetapi kepentingan para murid, dan yang paling utama adalah untuk sekolah yang 10 tahun atau 20 tahun ke depan kita akan memasuki era revolusi industry 5.0 sebagai tujuan mewujudkan Indonesia Berkemajuan di tahun 2030 atau 2040. “Guru harus selalu berpikir untuk masa depan bangsa, khususnya di bidang pendidikan” tegas Ketua P3M STKIP ‘Aisyiyah Riau itu.

Alumni program doktoral UPI Bandung ini juga mengatakan, guru-guru tidak usah khawatir dengan hadirnya teknologi, karena peran guru tidak akan pernah tergantikan dengan teknologi. Seorang guru akan tetap selalu menjadi “Main” media di dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, Afdal juga mengusulkan kepada pihak sekolah agar membuat chanel khusus di Youtube yang akan diisi dengan video-video pembelajaran dari guru-guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Pekanbaru. “Dengan adanya video pembelajaran ini akan membantu dan memudahkan siswa yang ingin mengulang pelajaran atau saat mengerjakan tugas di kelas maupun di rumah,” ucapnya.

Ada pun materi-materi yang disampaikan antara lain pemahaman tentang media pembelajaran, pembuatan video pembelajaran dan motivasi guru di dalam menggunakan media pembelajaran. [nrb]

Web
Analytics

Lihat Statistik