Pembekalan PLK Prodi PEKON Secara Daring TA.2021-2022

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H
13/05/2021
Dosen STKIP Aisyiyah Riau Latih Guru Membuat Video Pembelajaran
13/08/2021

STKIP ‘AISYIYAH RIAU, Pekanbaru. Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) merupakan salah satu matakuliah yang membekali mahasiswa dalam keterampilan menyusun skenario perbaikan pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) / Rencana Kegiatan Harian (RKH) sebagai suatu rencana pemecahan masalah pembelajaran, melakukan praktik pembelajaran yang sesuai dengan RPP/RKH, keterampilan mengobservasi pembelajaran dan melakukan refleksi serta menyusun laporannya. PLK merupakan matakuliah wajib yang ada di STKIP ‘Aisyiyah Riau dan merupakan mata kuliah yang pelaksanaannya dengan langsung terjun ke lapangan atau dengan mempraktekkan langsung ilmu sebagai tenaga pendidik/guru yang di dapat di STKIP ‘Aisyiyah Riau.

Sebelum para mahasiswa Prodi PEKON melaksanakan PLK, maka dilakukan pembekalan terhadap mahasiswa, sehingga benar siap melaksanakan PLK tersebut. Pembekalan PLK kali ini dilaksanakan secara daring (online) dan khusus dilaksanakan untuk mahasiswa Program studi Pendidikan Ekonomi, dengan dua orang narasumber.

Narasumber yang pertama merupakan dosen STKIP ‘Aisyiyah Riau sekaligus Ketua P4, yaitu Dr. Nini Aryani, M.Pd. dan yang kedua adalah Asri Neli Putri, M.Pd.E yang sekaligus merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP ‘Aisyiyah Riau. Pembekalan ini lebih menekankan kepada hal-hal teknis dan materi-materi yang membantu mahasiswa supaya bisa lebih siap melaksanakan PLK, terlebih bahawa PLK yang dilaksanakan oleh mahasiswa masih dalam suasana dan situasi pandemi covid -19, maka tentu saya akan berbeda teknis pelaksanaanya dari biasanya.

Pada kesempatan ini juga, para narasumber dengan berbagai penjelasan teknisnya menyatakan bahwa pelaksanaan PLK dimasa pandemi ini harus benar-benar dijalankan oleh mahasiwa sesuai dengan panduan yang telah dibuat dalam buku Panduan PLK STKIP ‘Aisyiyah Riau untuk masa pandemi covid-19 yang merupakan salah satu pedoman utama mahasiswa dalam melaksanakan PLK, sehingga pelaksanaan PLK ini juga menjadi salah satu usaha bersama dan memberikan contoh bahwa dalam masa pandemi ini kegiatan pendidikan harus tetap dilakukan dengan berbagai inovasi pembelajaran dan pandemi tidaklah menjadi hambatan untuk tidak membangunkan dan memajukan dunia pendidikan, bahkan pandemi ini harus menjadi salah satu alasan untuk memunculkan berbagai invasi pembelajaran yang baru di dunia pendidikan. (Unique)***

Galeri Pembekalan PLK PEKON 2021-2022

Web
Analytics

Lihat Statistik