Baitul Arqam STKIP ‘Aisyiyah Riau

Sosialisasi Program Pekerti-AA
14/11/2018

Baitul Arqam STKIP ‘Aisyiyah Riau

STKIP 'AISYIYAH RIAU, Pekanbaru (26/11/2018). Pusat Pengkajian dan Pengembangan (P3I) STKIP 'Aisyiyah Riau bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Riau melaksanakan program kegiatan Baitul Arqam bagi mahasiswa-mahasiswa dan terlebih khusus bagi para calon wisudawan/ti yang akan diwisuda pada periode 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan pengkaderan yang dirancang oleh P3I untuk membekali para mahasiswa dan wisudawan/ti dengan Al-Islam, Ke'aisyiyahan dan Kemuhammadiyahan. Kegiatan Baitul Arqam yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 November 2018 ini mengusung tema Penguatan dan Pengembangan Kader Secara Lebih Berkualitas Menuju Masyarakat Madani, Yakni Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya.

Ketua P3I (Hj. Susi Herlinda, M.Pd) bersama Instruktur Baitul Arqam (Maswidar, M.Pd.I)

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua PWA Riau Ibu Dra. Hj. Sariyah, MM., ketua BPH-PTA Riau Ibu Tina Mailinda, S.Pd, Ibu-Ibu Tim Instruktur Baitul Arqam dari Majelis Pengkaderan PWA Riau dan berbagai elemen lainnya dibawah organisasi 'Aisyiyah dan Muhammadiyah di Riau. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Hj. Susi Herlinda, M.Pd selaku ketua P3I pada sambutan beliau, bahwa semua kegiatan perkuliahan atau akademik yang berhubungan dengan Al-Islam, Ke'aisyiyah dan Kemuhammadiyahan akan menyatu dan menjadi program pengkajian dan pengembangan dari P3I. Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan Baitul Arqam yang dilaksanakan adalah wajib bagi seluruh mahasiswa STKIP 'Aisyiyah Riau khususnya bagi para wisudawan/ti periode 2018 dan kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi STKIP 'Aisyiyah Riau, yaitu "Menjadi STKIP Yang Unggul Berlandaskan Nilai-Nilai Islam bertaraf Nasional Pada Tahun 2026".

Sebanyak 70 orang calon wisudawan/ti yang berasal dari program studi Pendidikan Guru Pendidikan anak Usia Dini (PG-PAUD) dan program studi Pendidikan Ekonomi (PEKON) mengikuti kegiatan Baitul Arqam ini, terdiri dari 66 orang perempuan dan 4 orang laki-laki.

Rahmah, M.Si selaku ketua STKIP 'Aisyiyah Riau dalam sambutannya mengatakan bahwa Baitul Arqam bukan hal atau kegiatan yang baru di 'Aisyiyah. Baitul Arqam ini adalah bagian dari proses pengkaderan yang wajib dan telah biasa dilakukan terutama bagi kader 'Aisyiyah, namun di STKIP 'Aisyiyah Riau kegiatan ini beberapa tahun terakhir tidak dapat terlaksanakan oleh karena kendala-kendala teknis dan lainnya. Dan moment kali ini, dengan adanya P3I di STKIP 'Aisyiyah Riau adalah awal yang baik untuk kembali menjadikan kegiatan Baitul Arqam ini sebagai kegiatan yang membangkitkan dan meningkatkan ghirah keislaman kita. Pada akhir sambutannya, Rahmah menjelaskan bahwa kedepan kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang harus dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru STKIP 'Aisyiyah Riau pada setiap tahun akademik atau penerimaan mahasiswa baru.

Pembukaan Baitul Arqam 2018

Pada kesempatan sambutan yang diberikan kepada ketua PWA Riau, Drs. Hj. Sariyah, MM. menyampaikan PWA Riau sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kepada STKIP 'Aisyiyah Riau melalui P3I dapat menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan akademik unggulan di STKIP 'Aisyiyah Riau. Dalam kesempatan sambutannya dihadapan para peserta Baitul Arqam, Hj. Sariyah juga memberikan penjelasan dan pemahaman tentang Baitul Arqam, bahwa Baitul Arqam yang ada di persarikatan 'Aisyiyah dan Muhammadiyah ini adalah salah satu proses kegiatan yang dilaksanakan untuk membina mengkader dan pemimpin-pemimpin masa depan dengan landasan dan akhlak Islam. Beliau juga menyampaikan bahwa Baitul Arqam berasal dari bahasa Arab, yakni "Baitul" yang bermakna rumah dan "Al-Arqam" yang merupakan nama sahabat Rasulullah SAW yang menjadikan atau memberikan rumahnya sebagai tempat mensyiarkan, mengajarkan dan menyebarkan ajaran Islam. Maka, atas dasar inilah dalam persarikatan Muhammadiyah dan 'Aisyiyah untuk membina dan mewujudkan kader-kader organisasi harus atau wajib hukumnya mengikuti Baitul Arqam. Melalui Baitul Arqam ini diharapkan para lulusan STKIP 'Aisyiyah Riau menjadi tenaga pendidik dan pemimpin-pemimpin yang benar-benar berakhlak sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam. (Unique)***

Galeri Baitul Arqam : FB STKIP 'Aisyiyah Riau

Comments are closed.

Web
Analytics

Lihat Statistik