Sejarah

Pada tahun 1998, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Riau dengan izin operasional DEPDIKBUD Riau mendirikan Program Diploma I Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK). Beberapa tahun kemudian, terjadi peningkatan baik dari segi kuantitas calon mahasiswa maupun kualitas lulusan dan penyelenggaraan kegiatan akademik. Berdasarkan SK Mendiknas Nomor 205/O/D/2002 tanggal 5 September tahun 2002, Program Diploma I PGTK Aisyiyah Riau meningkat statusnya menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Aisyiyah Riau dengan 2 (dua) Program Studi yaitu Diploma II PGTK dan Strata I Pendidikan Ekonomi. Seiring perjalanannya telah banyak prestasi yang dicapai STKIP Aisyiyah Riau dan dipercaya masyarakat, stakeholder dan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan dan kegiatan akademis lainnya. Hal ini terbukti dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) perpanjangan Izin penyelenggaraan kedua Program Studi tersebut oleh Mendiknas pada tanggal 12 Februari 2007.

Selain itu, dalam rangka merealisasikan program pemerintah yang tertuang dalam UU Guru dan Dosen tahun 2005, maka STKIP Aisyiyah Riau berniat untuk berkonsentrasi di bidang pendidikan. Momen ini ditandai dengan dikeluarkannya izin penyelenggaraan Program Studi Strata I Pendidikan Guru dan Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) oleh Mendiknas berdasarkan SK No. 2094/D/T/2008 tanggal 07 Juli 2008.

Dengan adanya 2 (dua) Program Studi yang dikelola STKIP Aisyiyah Riau selama ini, maka STKIP Aisyiyah Riau memiliki amanah yang besar dalam segi amanah akademis, amanah pendidikan dan mendidik calon-calon pendidik dimasa depan, amanah pengelolaan dan kepemimpinan kampus, amahan pengelolaan sarana dan prasarana, dan sebagainya yang berkaitan dengan pengelolaan Perguruan Tinggi. STKIP Aisyiyah Riau diharapkan dapat dikelola dengan baik dan benar oleh segenap pimpinan, mulai dari tingkat STKIP sampai tingkatan Program Studi yang ada.

Semua pihak berharap kehadiran STKIP Aisyiyah Riau di bumi Lancang Kuning ini dapat menjadi salah satu perguruan tinggi yang dapat memberikan dan menjamin kualitas pendidikan bagi putra putri kita yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi terutama di bidang pendidikan atau tenaga pendidik. Oleh sebab itu, pihak STKIP menyadari bahwa untuk memenuhi keinginan masyarakat tersebut diperlukan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dan relatif membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kampus STKIP Aisyiyah Riau merupakan kampus yang berdiri di atas tanah hak milik sendiri (yakni Persyarikatan Muhammadiyah). Berlokasi di Jl. Angkasa No. 12 Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki-Pekanbaru. Berada dekat dengan pusat kota dan akses jalan yang mudah dan bagus serta dekat dengan pusat keramaian.

Web
Analytics

Lihat Statistik