Sosialisasi Program Pekerti-AA

STKIP ‘Aisyiyah Riau Ikuti Rangkaian Kegiatan Milad Muhammadiyah ke-106 M
13/11/2018
Baitul Arqam STKIP ‘Aisyiyah Riau
26/11/2018

Sosialisasi Program Pekerti-AA

Narasumber Sosialisasi Pekerti-AA

STKIP 'AISYIYAH RIAU, Pekanbaru (14/11/2018). Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan program Applied Approach (AA) merupakan dua buah program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis. Program PEKERTI dan Program AA yang dikembangkan sejak tahun 1993 dan 1987 telah menjadi program yang memperoleh banyak tanggapan positif dari berbagai kalangan pendidikan tinggi. Dalam perjalanannya, banyak perubahan dan adaptasi yang dilakukan terhadap program PEKERTI dan AA, dengan maksud agar program tersebut lebih efektif, dan lebih dapat mengakomodasikan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi.

Ir. Indra Hasan, MT. (Wakil Ketua APTISI Riau Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia)

PEKERTI-AA menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Disebutkan bahwa, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian. Di samping itu melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat. Program PEKERTI-AA merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, STKIP 'Aisyiyah Riau melalui Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (P4) yang di ketuai oleh Nini Aryani, M.Pd. dan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Padang (UNP) yang diketuai oleh Dr. Edwin Musdi, M.Pd. bersama-sama mengadakan Sosialisasi Program Pekerti-AA untuk para dosen perguruan tinggi swasta dan negeri se-Kota Pekanbaru dan sekitarnya. Kegiatan ini adalah pertama kalinya diadakan oleh STKIP 'Aisyiyah Riau dan UNP, dimana penyelenggaraannya diadakan di aula serbaguna kampus STKIP 'Aisyiyah Riau pada tanggal 13 November 2018. Kegiatan Sosialisai Program Pekerti-AA dihadiri lebih kurang 40 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di kota Pekanbaru (termasuk dosen-dosen dilingkungan STKIP 'Aisyiyah Riau) dan sekitarnya, diantaranya dosen dari Universitas Riau, dosen UIN Suska Riau, STAI Diniyah, STIE Riau-Akbar, STIE Persada Bunda, STMIK AMIK Riau, Politeknik Kampar, STIT Al-Kifayah Riau dan beberapa perguruan tinggi/sekolah tinggi swasta lainnya, selain itu pada kesempatan ini juga dihadiri oleh APTISI Riau yang diwakili oleh Ir. Indra Hasan, MT. selaku wakil ketua APTISI Riau bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Dr. Edmin Musdi, M.Pd (Ketua LP3M UNP)

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Dr. Edwin Musdi, M.Pd. pada sambutannya dipembukaan kegiatan sosialisasi bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah yang pertama kali dilakukan di luar daerah atau diluar provinsi Sumatera Barat, dan kedepan beliau berharap STKIP 'Aisyiyah Riau bisa menjadi host atau tuan rumah yang mampu mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Program PEKERTI-AA di Provinsi Riau. Sejalan dengan yang diungkapkan oleh Rahmah, M.Si selaku ketua STKIP 'Aisyiyah Riau dalam sambutan beliau bahwa kedepan diharapkan STKIP 'Aisyiyah Riau dan UNP bisa terus menjalin kerjasama dalam rangka melaksanakan Program PEKERTI-AA untuk para dosen se-Kota Pekanbaru bahkan se-Provinsi Riau. UNP adalah salah satu perguruan tinggi dan institusi yang telah diakui dan banyak melakukan pembimbingan kegiatan PEKERTI-AA untuk para dosen dan perguruan tinggi lainnya terutama diwilayah kerja LLDIKTI (Kopertis X). TIM Sosialisasi Program PEKERTI-AA LP3M UNP yang turun memberikan sosialisasi di STKIP 'Aisyiyah Riau diantaranya yaitu: 1). Dr. Edwin Musdi, M.Pd, 2). Prof. Dr. Hj. Ellizar, M.Pd, 3). Prof. Dr. H. Syahrul R. M.Pd, 4). Arifin, M.Pd, dan 5). Bayu R. Fajri.

Program PEKERTI-AA ini sangat penting, salah satunya adalah menjadi item penilaian yang penting dan mendukung pada pengajuan sertifikasi dosen. Sebagaimana sifat dari penyelenggaraan program PEKERTI & AA yang bersifat luwes terstandar - luwes karena penyelenggara dapat memilih sendiri materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi, terstandar karena ada standar minimum yang perlu dipenuhi untuk proses sertifikasi. Maka, dengan demikian sangatlah penting Program PEKERTI-AA ini untuk dilaksanakan atau diikuti oleh para dosen guna menunjang profesionalisme dan pengembangan diri menjadi dosen diperguruan tinggi yang profesional dan memberikan dampak positif terhadap perguruan tinggi dan mengubah pendekatan instruksional dari teaching university menjadi learning university. (Unique)***

Galery Kegiatan: Facebook STKIP 'Aisyiyah Riau

Youtube: stkipaisyiyahriau

Foto Bersama sebagian Peserta

Prof. Dr. Hj. Ellizar, M.Pd

Prof. Dr. H. Syahrul R. M.Pd

Salah satu sesi tanya jawab

Foto bersama dosen dan mahasiswa STKIP 'Aisyiyah Riau

Comments are closed.

Web
Analytics

Lihat Statistik